Posted by: persfeunj | 1, August 2009

MENUJU SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL

Dalam rangka memperingati Dies Natalies UNJ yang ke-45, jurusan Ekonomi dan Administrasi FE menyelenggarakan suatu acara seminar yang bertema “Sekolah Berstandar Internasional: antara Globalisasi dan Nasionalisme”. Acara ini diadakan pada tanggal 15 Juni 2009 yang bertempat di Aula Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan, Kampus A, Universitas Negeri Jakarta.

Seminar dimulai pukul 9 pagi itu menghadirkan 3 pembicara yang kompeten. Itje Chodidjah seorang konsultan dari British Council pada kesempatan ini menjelaskan bahwa “International not a label, but from the quality”, jadi sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu meningkatkan kualitas sekolah tersebut tanpa harus meninggalkan national kultur yang memang harus selalu kita pegang prinsipnya.

Sedangkan Dr. H. Nanang Gunadi yang merupakan Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta membawakan materi mengenai Kisah Sukses Membangun Sekolah Berstandar Internasional serta bagaimana pengalaman beliau dalam meningkatkan mutu dan standar sekolah-sekolah untuk menjadi yang terbaik.

Sebagai pembicara ketiga hadir Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto yang merupakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI yang mengetengahkan materi dengan tema Menuju Sekolah Berstandar Internasional serta peraturan-peraturan pemerintahan yang berkaitan dengan standar pendidikan nasional.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pendidikan mempunyai posisi penting dalam peningkatan kualitas SDM. Artinya, semakin baik pendidikan suatu negara, maka semakin baik pula SDM atau output yang dihasilkan.

Konsepsi sekolah berstandar internasional adalah sekolah yang sudah memenuhi seuruh Standar Nasional Pendidikan dan diperkaya dengan mengacu pada standar pendidikan salah satu negara anggota Organization for Economic C-operation and Development dan atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan sehingga memiliki daya saing di forum internasional.

Karakteristik yang dimiliki sekolah berstandar internasional yang pertama, memiliki keunggulan yang ditunjukkan dengan pengakuan internasional terhadap proses dan hasil atau keluaran pendidikan yang berkualitas dan teruji dalam berbagai aspek. Kedua, pengakuan internasioanl ditandai dengan penggunaan standar pendidikan internasional dan dibuktikan dengan sertifikasi berpredikat baik dari salah satu negara anggota OECD dan atau negara maju lainnya.

Tujuan diadakannya seminar ini menurut penanggung jawab acara Bapak Usep Suhud adalah untuk mengenal bagaimana suatu konsep sekolah maupun universitas yang bertaraf internasional yang pada saat ini mulai mengglobal di dunia pendidikan.

Acara ini dapat terselenggara dengan baik berkat kerjasama antara panitia-panitia yang terdiri dari dosen-dosen baru dan mahasiswa yang ikut terlibat secara aktif. Selain itu dihadiri oleh undangan dari 65 orang guru SMA dan SMK, 15 orang dosen FE serta 171 orang mahasiswa FE.

Seminar ini terbilang sukses dengan antusiame yang tinggi dari para peserta dan pembicara walaupun pada awalnya memiliki hambatan-hambatan yang pada akhirnya dapat dilalui, di antaranya Aula Gd M, Pascasarjana yang semula direncanakan menjadi tempat seminar ternyata pada H-3 sebelumnya akan digunakan oleh PR1, maka hal itu langsung dapat diantisipasi dengan alternatif tempat yang lain di Aula Daksinapati.

Menurut Bapak Usep Suhud, “Saya ingin membuat suatu acara yang menarik untuk umum, dengan acara yang sama tetapi fokus targetnya lebih ke SMP dan SD. Selain itu inginnya mahasiswa yang ikut dalam acara ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan bukannya karena nilai”.

(ismi)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: